Wednesday, March 28, 2012

Ayah-----Jarak-----Aku



7 Maret 2012
5 hari lagi ayah ulang tahun. 5 hari lagi ayah umur ayah 54. 5 hari lagi aku akan menyanyikan “selamat ulang tahun” paling bagus sedunia. 5 hari lagi aku harap aku bisa lihat senyum ayah dengan rambut yang hampir putih semua. 5 hari lagi aku harap Jakarta-Semarang hanya setengah jam perjalanan jaraknya.
Setiap hari aku ingin ayah sehat selalu, sukses terus, dan panjang umur. Setiap hari aku mendoakan ayah, memeluk ayah dengan harapanku yang aku bisikkan kepada Tuhan. Setiap hari aku kangen ayah, merasa setiap waktu yang aku habiskan dengan ayah tidak pernah cukup.
Cinta petama yang aku tahu itu tangisan ibu saat aku pertama keluar dari rahimnya, yang kedua itu sentuh lembut kulit ari telapak tangan ayah dan alunan lembut adzan ditelinga kananku. Ayah ingat? Waktu  aku umur 3 tahun, ayah mau berangkat tugas belajar di UGM tapi tidak pamit sama aku karena aku sedang tidur. Bangun tidur aku mencari ayah, menangis kejar saat tidak menemukan ayah. Semalam suntuk, sampai badanku panas tinggi. Ayah akhirnya pulang lagi ke Jakarta, menyuapiku, menggendongku, dan lalu panasku mereda. Ayah lalu pamit, dan langsung berangkat lagi ke Jogja. Aku tersenyum, dan aku mengerti itu namanya cinta, yang tidak ada batasnya. Perjalanan Jogja-Jakarta untuk sebuah pamit itu namanya cinta.
Kita terlalu sering terpaut jarak, yah. Jogja-Jakarta, Bandung-Jakarta, dan Jakarta-Semarang. 19 tahun jadi anak ayah, hampir 10 tahun kita sibuk dengan hidup kita dikota masing-masing. Berjumpa satu minggu sekali, sebulan sekali, dua bulan sekali. Aku selalu merasa kangen ayah. Bahkan ketika aku duduk tertawa-tawa disamping ayah.


Aku itu dioramanya Ayah :) 


9 Maret 2012
3 hari lagi ayah ulang tahun. Aku menulis ini setelah kita berbincang 5 menit ditelepon. Kadang ada rasa malu untuk bilang, “aku kangen ayah”. Tapi kangennya hari ini sudah sampai ubun-ubun, sudah sulit dibendung. Terucap aku kangen ayah, meskipun lebih seperti cicit anak tikus. Ayah, aku kangen…
3 hari lagi ayah ulang tahun. Kurang dari 100 jam lagi. Seandainya aku punya pintu kemana saja milik Doraemon, akan aku bawakan kue ulang tahun super besar tepat tanggal 12 Maret besok.  Aku mau pulang, sangat mau pulang. Tapi kata ibu tidak usah. Aku harus focus untuk kuliah, untuk masa depanku, untuk ibu, untuk ayah.


I Love This Picture. It's just sweet :"")


12 Maret 2012
Selamat ulang tahun ayah. Semoga panjang umur, sehat selalu, dan sukses terus dunia akhirat. Mendengar suara ayah aku bahagia. Mendengar ayah tertawa aku bahagia pangkat dua. Selamat ulang tahun Ayah Juara Satu Sedunia. Semua yang terbaik selalu untuk ayah.
Akhir minggu nanti aku kembali ke Jakarta. Tapi yang aku tahu, ayah mau pergi ke Lampung, kampung ayah. Kado yang sudah kubeli ini, mungkin aku titipkan kepada ibu nanti. Selamat ulang tahun ya ayah. Satu hal lagi yang jadi doaku, semoga jarak tidak pernah mematahkan sayangku ke ayah, sayang ayah keaku. Aku sayang ayah, pangkat tak terhingga :)


Happy Birthday Ayah Sayaaaaaang :D

No comments:

Post a Comment